Feminimisme STM Langsa

Kesan yang pertama dilontarkan oleh masyarakat tentang STM adalah Brutal, Garang, dan Tukang Tawuran. Ya wajar saja karena STM di dominasi oleh siswa laki-laki, bahkan di beberapa jurusan malah tidak ada sama sekali siswa perempuannya seperti Jurusan TPL/MP/ Otomotif, jika adapun paling satu dua orang. Kebanyakan orang tua yang memiliki anak-anak perempuan memilih memasukkan anak-anak mereka ke SMKK yang notabene mengajarkan seluruh pekerjaan yang umumnya dilakukan oleh perempuan, seperti; masak-memasak, menjahit, tata rias dll. Mungkin karena itulah STM selalu didominasi oleh kaum pria.

Tapi stigma negatif tentang siswa STM Langsa pada umumnya semakin hilang dengan banyaknya kaum perempuan yang mulai mengisi setiap bangku dalam ruangan sekolah tekhnik tersebut. Sekarang, perempuan mulai menabuh genderang persaingan dengan kaum laki-laki.

Jurusan yang didominasi oleh siswa perempuan pada STM Langsa antara lain adalah jurusan TKJ (Teknik Komputer Jariangan), RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) dan Elektronika. Bahkan laki-laki dikelas tersebut bisa dihitung dengan jari jumlahnya. Tentunya hal ini merupakan kemajuan yang patut diberikan penghargaan kepada Kepala STM Langsa, Bapak Makmur Lingga, S.Pd, M.Pd yang telah banyak memberikan kontribusi dalam upaya pengembangan pendidikan menengah kejuruan.

Dengan banyaknya perempuan di STM Langsa tentunya menghilangkan kesan Brutal dan Sebenarnya kesan itu juga tidak benar jika dilihat dari berbagai sisi, karena tidak ada doktrin-doktrin premanisme yang diajarkan di sekolah kami itu. Bahkan STM membuktikannya dengan melakukan kegiatan-kegiatan serta penelitian-penelitian yang beroreintasi membantu mempermudah pekerjaan masyarakat dengan menciptakan teknologi tepat guna dll.

Semoga STM Langsa tetap jaya. !!

Posted on September 30, 2010, in Berita, Galeri Foto, Penelusuran and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. SUKSES TERUS SMKN 2 LANGSA,
    SAYA BANGGA MENJADI ALUMNI SMKN 2 LANGSA

    0665/E/2003 Tetap ku Ingat

  2. dulu… sekira tahun ’92 – ’95, dalam 5 jurusan dari kelas 1 sampai kelas tiga paling banyak siswi-nya cuma 20 orang saja…🙂
    sekarang banyak pilihan :v

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: