Menghapus Virus Shortcut di Komputer

 

SmadAv Ver.8.3

Virus yang akhir-akhir ini banyak menginfeksi komputer-komputer saat ini, menurut kami adalah virus shortcut. Mendengar namanya saja kita bisa dengan mudah memahami kerja virus ini, yakni membuat shortcut-shortcut folder yang ada di komputer atau di media storage seperti flash disk, memori card dll.

Jika flash disk anda yang awalnya penuh dengan folder-folder kemudian setelah dicolokkan kedalam komputer semua folder tersebut hilang dan tinggal shortcut-shortcut yang ada, maka bisa jadi ini adalah kerjaan virus yang menyembunyikan folder-folder anda dan menggantikannya dengan shortcut. Namun anda jangan terburu-buru untuk memformat flash disk tersebut karena folder-folder anda akan bisa kembali seperti semula dengan beberapa langkah mudah.

Salah satunya adalah dengan men-scan flash disk anda menggunakan antivirus smadav 8.3, atau dengan cara yang agak sedikit rumit melalui DOS.

Dan yang terlebih penting dari itu adalah anda harus membersihkan komputer tersebut dari virus shortcut itu, karena jika tidak maka kejadiannya akan berulang pada flash disk anda setiap anda memasukkannya ke komputer yang terinfeksi virus shortcut.

Cara yang telah saya lakukan adalah dengan:

  1. Masuk kedalam “safe mode” dengan cara menekan F8 saat komputer anda booting (sebelum starting windows, tekanlah f8 hingga muncul pilihan booting; pilihlah SAFE MODE untuk masuk ke dalam safe mode)
  2. Jika telah berhasil masuk ke safe mode, scan komputer anda dengan menggunakan Smadav 8.3 (saya telah mencoba smadav 8.2, dan tidak berhasil menemukan virus shortcut, jadi saya anjurkan smadav8.3)
  3. Setelah proses scanning selesai, lakukan pembersihan dengan meng-klik “Fix All” pada smadav.
  4. Setelah itu, restart komputer dan selamat anda terbebas dari virus shortcut.

Setelah virus shortcut hilang dari komputer anda, install antivirus yang masuk dalam deretan antivirus hebat seperti; Kaspersky, Nod32, Norton, Symantec,  Avast dan lainnya.

Posted on Desember 2, 2010, in Berita and tagged , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: